Menelusuri Jejak Kerajaan Talaga Manggung, Pusat Pemerintahan Kuno di Majalengka

Menelusuri Jejak Kerajaan Talaga Manggung, Pusat Pemerintahan Kuno di Majalengka

HARIANRIAU.CO - Sebelum kedatangan penjajah Belanda, di wilayah Majalengka ternyata sudah ada sistem pemerintahan. Talaga adalah salah satu daerah yang sudah memiliki pemerintahan jauh sebelum kedatangan penjajah.

Salah satu sumber menyebutkan bahwa sistem pemerintahan Talaga dimulai pada awal abad ke-13, atau  sekitar tahun 1293. Prabu Dharma Suci atau disebut  Dharma Suci I, seorang keturunan dari Kerajaan Galuh, adalah orang yang membangun pondasi pemerintahan Talaga.

Dari keturunan Dharma Suci I inilah, disinyalir sebagai embrio dari munculnya nama Talaga yang dikenal saat ini. Nama Talaga sendiri diambil dari salah satu anak Dharma Suci, yang kemudian melanjutkan kepemimpinan ayahandanya.

"Dharma Suci I punya dua anak, Begawan Gara Siang dan Talaga Manggung. Berhubung Begawan Gara Siang lebih tertarik masalah keagamaan, keyakinan, maka pemerintahan diserahkan kepada Talaga Manggung, yang kemudian diberi gelar Dharma Suci II. Setelah beliau tidak ada, oleh masyarakat diberi gelar Sunan Talaga Manggung," kata salah satu keturunan Talaga Manggung, Yuyun Mahmud Yunus, saat berbincang dengan Sindonews, belum lama ini.

Setelah pemerintahan Talaga Manggung, pemerintahan yang saat itu berpusat di Sangiang, dilanjutkan oleh putrinya, bernama Ratu Simbar Kancana. Kepemimpinan terpaksa dipegang oleh seorang Ratu, lantaran pada saat itu anak sulung dari Talaga Manggung, Raden Panglura, menunjukan ketertarikan kepada bidang lain, yakni mengikuti jejak Uwaknya, Begawan Gara Siang.

Pada saat pemerintahan Ratu Simbar Kancana itulah sempat muncul gejolak di internal kerajaan. Suasana kurang kondusif itu, dipicu oleh suami Ratu sendiri, Palembang Gunung yang kabarnya ingin menguasai kerajaan.

"Ketika sempat terjadi gejolak itu, Ratu kemudian memindahkan kerajaannya dari Sangiang ke Walang Suji. Jarak Sangiang ke Walang Suci, kalau sekarang sekitar 10 kilo meter, dua-duanya masuk Kecamatan Banjaran," jelas Yuyun yang merupakan keturunan ke-17 kerajaan itu.

"Walang Suji ini memang sebelumnya sebagai Kadipatian, dipimpin seorang Adipati. Masih bagian dari pemerintahan Sangiang," lanjut dia.

Di tempat baru ini, pemerintahan Ratu Simbar Kencana kemudian dilanjutkan oleh salah satu anaknya, bernama Sunan Parung. Sang penerus ini, merupakan anak ke enam dari jumlah keseluruhan anak Ratu Simbar sebanyak tujuh orang.

"Beliau (Sunan Parung) punya anak satu, yaitu Ratu Parung Sunya Larang, yang kemudian ditikah oleh cicitna Prabu Siliwangi, Raden Rangga Mantri," beber dia. 

"Dalam perjalanannya, Rangga Mantri diberi Gelar Pucuk Ulum, oleh Syeikh Syarif Hidayatullah Cirebon, setelah beliau (Syarif Hidayatullah) menyebarkan agama Islam di Keraton Talaga. Setelah era itulah, keturunan setelahnya diberi gelar sunan," lanjut Yuyun.

Setelah itu, jelas dia, hubungan antara kerajaan Talaga Manggung dengan Cirebon semakin dekat. Kendati begitu, bukan berarti Talaga Manggung berada di bawah kekuasaan Cirebon.

"Dalam Wangsakerta disebutkan satu-satunya kerajaan Sunda yang tidak pernah takluk ke Cirebon dan Demak, itu Talaga. Karena sistem penyebaran agama islam melalui pernikahan, tidak ada peperangan atau perselisihan. Hubungan dengan (kerajaan) Cirebon semakin dekat setelah ada pernikahan antara keluarga dua kerajaan itu," papar dia.

Kerajaan Talaga Manggung sendiri berjalan cukup lama. Sistem pemerintahan kerajaan setidaknya bertahan hingga datang masa penjajahan sekitar tahun 1871.

"Pemerintahan terakhir kerajaan itu ketika masa pemerintahan Arya Saca Nata. Lalu dipindah ke Majalengka oleh VOC, sekitar tahun 1871-an," ungkap dia.

Namun sayang, bukti fisik keberadaan kerajaan Talaga Manggung itu tidak bisa disaksikan. Sebab, hingga saat ini tidak ditemukan bangunan yang diindikasikan sebagai bekas kerajaan Talaga Manggung.

"Mungkin untuk bangunan di daerah pegunungan (Banjaran masuk ke dalam daerah dataran tinggi) itu masih menggunakan bahan kayu, beda dengan dataran rendah, sudah menggunakan batu. Jadi kemungkinan bekas keraton itu musnah, karena termakan usia," jelasnya.

Selain itu, tidak adanya bekas istana juga kemungkinan dipicu dari sikap politis penjajah, yang memutuskan untuk menghanguskan tempat tinggal kerajaan itu. "Tidak ada bukti tertulis tentang penyebab tidak adanya istana itu," beber dia.

Yuyun menjelaskan, sebagian kecil bukti yang masih ada hingga saat ini adalah barang-barang peninggalan mereka. Saat ini, barang-barang itu disimpan oleh ahli waris pihak kerajaan, dan di Museum Talaga Manggung.

"Barang-barang yang ada, itu turun-temurun. Ini barang seserahan saat nikah  Ratu Parung Sunya Larang dengan Raden Rangga Mantri. Ada alat kesenian, alat rumah tangga, alat perang. Alat kesenian itu dalam bentuk Goong satu paket. Alat rumah tangga, ya piring, sendok. Untuk perlengkapan perang ya seperti pedang, keris," jelasnya.

Kendati tidak ada bukti fisik, akan tetapi dalam sebuah penelitian ditemukaan dugaan kuat bahwa kerajaan Talaga Manggung itu benar-benar ada.  "Penelitian dari Balai Arkeologi, di tempat yang disinyalir lokasi kerajaan, ditemukan kemungkinan pernah ada bangunan di sana. Namun, hingga saat ini belum dilakukan penelitian lebih lanjut," tuturnya.

Sementara, daerah yang diduga kuat pernah menjadi istana Talaga Manggung, yang saat ini masuk ke Kecamatan Banjaran, berupa tanah lapang yang dibiarkan tumbuh rumput-rumput liar. Dia menjelaskan, di daerah itu tidak pernah bisa menghasilkan, ketika ditanami.

"Ada semacam pebukitan, dikelilingi hawangan (sungai). Sampai sekarang tidak bisa ditanam Palawija atau apa pun. Jadi dibiarkan saja semak-belukar. Tanah itu tidak ada pemilik perorangan, tapi dikuasai pemerintah desa," jelasnya.

Kini, untuk melestarikan tradisi kerajaan, digelar acara rutin tahunan berupa Mencuci Pusaka. Acara tersebut awalnya digelar hanya satu kali yakni setiap hari Senin di tanggal belasan terakhir, bulan Safar (bilangan bulan pada tahun Hijriyah).

Halaman :

#Sejarah

Index

Berita Lainnya

Index